Warga Gondowangi Wagir Manfaatkan Sungai Untuk Budidaya Ikan dengan Keramba

Sangat menginspirasi apa yang dilakukan warga Desa Gondowangi, Kecamatan Wagir Kabupaten Malang yang telah memanfaatkan aliran sungai irigasi dijadikan tempat budidaya pembesaran ikan air tawar.

Di lokasi sungai selebar sekitar 6 meter ini, warga setempat menempatkan 16 keramba yang terbuat dari bambu. Masing-masing keramba tersebut awalnya diisi sebanyak seribu ekor ikan nila dan sebagian ikan tombro.

Kepada javasatu.com, Jumat petang (3/7/2020) Ketua RT 10 RW 02 Desa Gondowangi, Sigit menyampaikan budidaya ikan dengan sistem keramba di sungai itu merupakan inisiatif warga bersama di lingkungan RT setempat. Hal itu agar sungai lebih bermanfaat dimana warga bisa belajar memelihara (membesarkan) ikan air tawar.

“Dengan kebersamaan warga di lingkungan setempat sejak 1 tahun lalu mulai membuat keramba memanfaatkan pohon bambu yang tumbuh disepanjang pinggir sungai. Dimana pembuatan keramba dilakukan secara bertahap diwaktu luang setelah selesai warga bekerja dan keramba mulai diisi ikan pada bulan februari yang lalu” kata Sigit.

sumber : https://javasatu.com/warga-gondowangi-wagir-manfaatkan-sungai-untuk-budidaya-ikan-dengan-keramba/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *