Pendidikan

Eksistensi pendidikan adalah satu hal penting dalam memajukan tingkat kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan tingkat perekonomian pada khususnya. Dengan tingkat pendidikan yang tinggi maka akan mendongkrak tingkat kecakapan masyarakat yang pada gilirannya akan mendorong tumbuhnya ketrampilan kewirausahaan dan lapangan kerja baru. Dengan sendirinya akan membantu program pemerintah dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan. Pendidikan biasanya akan dapat mempertajam sistematika berpikir atau pola pikir individu, selain mudah menerima informasi yang lebih maju dan tidak gagap teknologi. Di bawah ini adalah tabel yang menunjukkan tingkat rata-rata pendidikan warga Desa Gondowangi pada tahun 2018.

Pendidikan Masyarakat Desa Gondowangi

NoPendidikanJumlahKeterangan
1.SLTP/Sederajat1.309 
2.Belum Tamat SD/Sederajat726.
3.Tidak/Belum Sekolah1.069 
4.SLTA/Sederajat1.176 
5.Tamat SD/Sederajat3.036 
6.Diploma I/II22 
7.Akademi/Diploma III/S. Muda34 
8.Diploma IV/Strata I131 
9.Strata II11 
10. Strata III –  
       Jumlah Total7.514 

Rentetan data kualitatif di atas menunjukan bahwa mayoritas penduduk Desa Gondowangi hanya mampu menyelesaikan sekolah di jenjang pendidikan wajib belajar sembilan tahun (SD dan SMP). Dalam hal kesediaan sumber daya manusia (SDM) yang memadahi dan mumpuni, keadaan ini merupakan tantangan tersendiri. Sebab ilmu pengetahuan setara dengan kekuasaan yang akan berimplikasi pada penciptaan kebaikan kehidupan.

Rendahnya kualitas pendidikan di Desa Gondowangi, tidak terlepas dari terbatasnya sarana dan prasarana pendidikan yang ada, di samping tentu masalah ekonomi dan pandangan hidup masyarakat. Sarana pendidikan di Desa Gondowangi baru tersedia di level pendidikan dasar 9 tahun (SD dan SMP), sementara akses ke pendidikan menengah ke atas berada di tempat lain yang relatif jauh..

Sebenarnya ada solusi yang bisa menjadi alternatif bagi persoalan rendahnya Sumber Daya Manusia (SDM) di Desa Gondowangi yaitu melalui pelatihan dan kursus. Namun sarana atau lembaga ini ternyata juga belum tersedia dengan baik di Desa Gondowangi. Bahkan beberapa lembaga bimbel dan pelatihan yang pernah ada malah gulung tikar. Mungkin dorongnan dari pemerintah dan masyarakat lemah. Inilah yang menjadi pekerjaan dasar pemerintahan Desa Gondowangi sekarang ini. Saat ini terdapat beberapa prasarana pendidikan yang dapat dimanfaatkan di Desa Gondowangi, diantaranya:

Prasarana Pendidikan

UraianJumlahKeterangan
SLTA / SEDERAJATSLTP / SEDERAJATSD / SEDERAJATPAUDPOKTANPERPUSTAKAANRUMAH BUDAYA 1 BUAH1 BUAH3 BUAH6 BUAH4 BUAH1 BUAH1 BUAH  

Sebagai perwujudan ikut serta mensukseskan wajib belajar 9 tahun  bertujuan  mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan Visi Dinas Pendidikan Kabupaten Malang “Terwujudnya Kabupaten Malang Yang Mandiri, Agamis, Demokratis, Produktif, Maju, Aman, Tertib dan Berdaya Saing. “MADEP MANTEB”. Desa GONDOWANGI berkiprah terhadap Percepatan IPM meliputi Kejar Paket B, yang sebagian besar Putra-Putri GONDOWANGI menjadi pemanfaat keberadaannya.