Kelola Lumbung Desa, BUMDes Gondowangi Kabupaten Malang Raih Laba Bersih Rp 90 Juta

Kiprah BUMDes Gondowangidi Kecamatan Wagir, Kabupaten Malangterus berkembang pesat. Salah satunya dengan mengembangkan sub unit usaha Lumbung Desa.

Bakan keberadaan Lumbung Desa yang berdiri sejak tahun 2017 silam ini telah meraih keuntungan fantastis sebesar Rp 90 juta. Kesuksesan BUMDes Gondowangi ini mendapat apresiasi Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM.

“Banyak BUMDes di Kabupaten Malang yang sukses. Setelah Desa Pujon Kidul dan Desa Sanankerto, kali ini Desa Gondowangi sukses mengelola BUMDes yang salah satu unit usahanya adalah Lumbung Padi,” ujar Sanusi kepada TIMES Indonesia, Rabu (5/2/2020).

Maka dari itu, pihaknya mendorong agar desa yang belum memiliki BUMDes supaya mendirikan BUMDes. Selain itu juga belajar kepada desa lainnya yang terlebih dahulu sukses mengembangkan BUMDes.

“Tentunya Pemkab Malang mendorong supaya desa lainnya agar memiliki BUMDes. Diharapkan tahun 2021 mendatang, seluruh desa telah memiliki BUMDes,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gondowangi, Danis Setya Budi mengatakan, unit suaha Lumbung Desa yang dikelola BUMdes menerima hasil petani. Selain beras, kemudian diolah menjadi produk berupa tepung beras dan pakan ternak.

“Tiap satu ton, kami memiliki laba bersih sebesar Rp 3 Juta. Sedangkan rata-rata tiap musim panen, Lumbung Desa ini, mampu mengolah hasil pertanian sebesar 30 ton,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, artinya apabila tiap satu ton meraih keuntungan Rp 3 juta, maka total laba bersih pada angka Rp 90 juta. Ini dihasilkan melalui satu sub unit usaha dikelola BUMDes.

“BUMDes beserta unit usaha Lumbung Padi ini sudah ada sejak tahu. 2017. Kemudia menerima program yang difokuskan pada pertanian sejak tahun 2019,” ujarnya.

Dia mengatakan, keberadaan Lumbung Desa yang dikelola olehBUMDes Gondowangidi Kabupaten Malangini diharapkan dapat kian meningkatkan kesejahteraan para petani. (*)

sumber : https://m.timesjatim.com/ekonomi/106987/kelola-lumbung-desa-bumdes-gondowangi-kabupaten-malang-raih-laba-bersih-rp-90-juta#!-_-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *