Desa Gondowangi Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Alam

Wayang kulit merupakan kesenian khas daerah Indonesia. Walaupun demikian, setiap daerah di Indonesia sendiri mempunyai ciri khas pertunjukan wayang kulit masing-masing.

Di Desa Gondowangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, pertunjukan wayang kulit diselenggarakan setiap tahunnya. Tidak hanya sekedar sebagai acara hiburan dan melestarikan budaya khas daerah, pertunjukkan ini juga digelar sebagai wujud puji syukur kepada Tuhan atas berkah yang sudah berikan untuk desa.

Diiringi tabuhan gamelan dan nyanyian sinden yang merdu, wayang kulit yang dimainkan dengan apik oleh sang dalang, menarik perhatian bagi masyarakat sekitar untuk datang berbondong-bondong menyaksikan pertunjukan wayang kulit. 

Kali ini, konsepnya yang mengusung tema tradisional dan alam menjadi hal unik dari pagelaran acara ini. Gerbang kedatangan bernuansa tradisional Jawa yang menyambut kedatangan warga, juga ikut menjadi daya tariknya. Kepala desa mengatakan bahwa masyarakat sekitar juga ikut diberdayakan dalam merangkai kegiatan, seperti welit atau atap (dari ilalang) untuk stand-stand dibuat sendiri oleh warga, selain itu dekorasi dan hiasan yang digunakan juga terbuat dari bahan-bahan alami, seperti panggungnya yang dirakit dari bambu. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah atau ajang bagi warga sekitar untuk meningkatkan interaksi masyarakat dan rasa kekeluargaan antar sesama.

Konsep-konsep yang digunakan sebagai tema setiap tahunnya juga berbeda. Pada tahun – tahun sebelumnya acara ini menggunakan tema minang, tema joglo, dan sebagainya. Dikemas secara unik dan menarik, pertunjukan wayang kulit diharapkan dapat meningkatkan daya tarik warga khususnya pada kalangan anak-anak sehingga dapat mengenal lebih tentang seni pewayangan yang merupakan warisan budaya Indonesia.

Sumber video : https://youtu.be/Ro-bklu7pVM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *